Resep Ayam Kecap untuk Toping Mie Ayam

Bahan-bahan:



- 500 gram daging ayam, potong dadu kecil

- 4 siung bawang putih, cincang halus

- 4 sdm kecap manis

- 2 sdm kecap asin

- 2 sdm gula merah, serut

- 1 sdt merica bubuk

- 1 sdt garam

- 2 sdm minyak sayur

- 200 ml air

- 2 sdm tepung maizena, larutkan dengan 2 sdm air matang


Cara membuat:



1. Panaskan minyak sayur di dalam wajan besar.

2. Tumis bawang putih hingga harum.

3. Masukkan ayam, aduk rata hingga ayam berubah warna.

4. Tuangkan kecap manis dan kecap asin, aduk rata.

5. Tambahkan gula merah, merica bubuk, dan garam.

6. Aduk rata dan masak selama 5 menit.

7. Tuangkan air, aduk rata dan biarkan hingga ayam matang dan kuah mengental.

8. Tambahkan larutan tepung maizena, aduk rata hingga kuah mengental dan berkilau.

9. Angkat ayam kecap dari wajan dan siapkan sebagai toping mie ayam.

10. Sisihkan sisa kuah ayam kecap untuk saus pada mie ayam.


Informasi Nutrisi:



- Kalori: 292 kkal

- Lemak: 11 gram

- Protein: 27 gram

- Karbohidrat: 20 gram

- Serat: 1 gram

- Kolesterol: 73 mg

- Sodim: 1274 mg

- Kalium: 347 mg


Ayam kecap adalah salah satu hidangan yang cocok untuk dijadikan toping mie ayam. Dalam resep ini, ayam kecap dibuat dengan bahan-bahan sederhana dan mudah didapatkan di pasar tradisional maupun supermarket. Kuah ayam kecap yang berwarna coklat kehitaman ini memiliki rasa gurih dan manis yang khas. Yuk, simak cara membuat ayam kecap untuk toping mie ayam berikut ini!



Pertama-tama, siapkan semua bahan yang dibutuhkan. Potong ayam menjadi dadu kecil agar cepat matang dan mudah disajikan sebagai toping mie ayam. Bawang putih dicincang halus supaya bumbu meresap sempurna ke dalam daging ayam. Gula merah diserut halus agar mudah larut dalam kuah ayam kecap.



Panaskan minyak sayur di dalam wajan besar. Tumis bawang putih hingga harum dan masukkan ayam. Aduk rata agar ayam tercampur dengan bawang putih. Setelah ayam berubah warna, tuangkan kecap manis dan kecap asin. Kecap manis memberikan rasa manis yang lezat pada ayam kecap, sedangkan kecap asin memberikan rasa gurih yang khas. Aduk rata hingga kecap meresap ke dalam daging ayam.



Tambahkan gula merah, merica bubuk, dan garam. Aduk rata dan masak selama 5 menit hingga bumbu meresap sempurna ke dalam daging ayam. Tuangkan air dan biarkan hingga ayam matang dan kuah mengental. Jangan lupa sesekali aduk supaya kuah ayam kecap tidak gosong dan tercampur rata.



Tambahkan larutan tepung maizena ke dalam kuah ayam kecap. Aduk rata hingga kuah mengental dan berkilau. Larutan tepung maizena digunakan sebagai pengental pada kuah ayam kecap. Jangan terlalu banyak memasukkan tepung maizena supaya kuah tidak terlalu kental dan lengket di lidah.



Setelah ayam kecap matang dan kuah mengental, angkat ayam kecap dari wajan. Sisihkan sisa kuah ayam kecap untuk saus pada mie ayam. Ayam kecap siap dijadikan toping mie ayam yang lezat dan enak. Tambahkan sedikit taburan bawang goreng di atas ayam kecap untuk memberikan aroma dan rasa yang lebih nikmat.



Demikian resep ayam kecap untuk toping mie ayam yang bisa dicoba di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!